Simple Word · Uncategorized

KurRrRrR….

Sudah hampir seminggu aQ bersibuk ria dengan kegiatan dan pekerjaan selama PKL (Praktek Kerja Lapangan) di salah satu Bank milik Pemerintah. Setiap hari berangkat dari rumah pagi-pagi dan pulang dengan membawa oleh-oleh rasa capek nan letih, setelah itu aQ teparrr (terkapar/bobo’)!

Well, bukan hal yang nggak penting kayak di atas, yang pengen aQ tulis, tp tentang pengalamanQ yang baru seminggu ini.


Di Bank tempatQ PKL, ada layanan permohonan Kredit Umum (K.U–>tapi para pegawai di Bank tempatQ PKL, menyebutnya dengan istilah Kur/Ayam!). Setiap hari, aQ bisa melihat antrian ibu-ibu dan bapak-bapak dari kelas tingkat menengah ke bawah yang berbondong-bondong mendapatkan cairan dana Kredit Umum. Dari berkas-berkas yang selalu aQ susun dan kerjain, aQ bisa bertemu langsung dan berbincang-bincang dengan mereka. Ada yang mengeluh kecapean harus antri dari pagi hingga sore, ada yang terpaksa meninggalkan rumah dan tidak masak untuk mendapatkan bantuan kredit, ada yang bela-belain ninggalin jualannya buat antri…pokoknya curhatannya macam-macam deh…

Dari berkas mereka juga aQ bisa ngeliat foto-foto hasil survei ke rumah-rumah mereka, yang memperlihatkan tujuan mereka melakukan pencairan kur. Ada yang jualan campuran, penjual tempe-tahu keliling, di pasar, bisnis kue dan sebagainya.

Mereka-mereka ini adalah sekelompok orang-orang yang hidupnya memang nggak mudah tapi tahu bagaimana harus berusaha untuk menyambung hidup. Karena mereka, aQ bisa melihat sebuah kesungguhan, dan kesabaran mereka menanti detik demi detik, hari demi hari bahkan ada yang beberapa minggu harus rela bolak-balik demi kur.

Jumlah kur yang hendak dicairkan memang tergantung dari kesanggupan mereka, tapi tidak sedikit dari mereka yang mau membagi kebahagiaan mereka begitu dana kur mereka cair…. Ibu-ibu yang sehari-harinya menjajakn kue-kue basah dan kering kerap kali datang ke bank dan memberi Qmi hadiah dari jualan mereka, alias ngebawain kue2 jualan mereka, Gratis!!!

Pemandangan ini, akan aQ saksikan selama 1 setengah bulan kedepan lagi. Semakin hari, kenalanQ juga semakin banyak. Misalnya si mbak yang punya salon (mau ngasih diskon euy), yang punya bisnis komputer (mau ngasih diskon juga…), yang tukang jahit, dll… πŸ™‚

Yang paling aQ suka adalah melihat mimik wajah mereka di pagi hari yang datang dengan semangat berganti menjadi siang yang sudah keletihan menandatangani berbagai berkas dan perjanjian serta-berganti lagi menjadi sore yang bahagia ketika kur-nya cair, atau malah sore kelabu bagi yang pulang dengan tangan kosong karena kur-nya nggak cair, atau sore yang mengeselkan bagi mereka yang harus datang lagi besok untuk membawa kelengkapan aplikasi kur….

Dan orang-orang yang paling menarik perhatianQ ditengah keramaian bank itu adalah pensiunan guru negeri… πŸ™‚

Iklan

9 thoughts on “KurRrRrR….

  1. pertanyaanku saRah :
    apa2 sajakaH kelengkapan berkas u/ mencaIrkan itu istilah “kurr” mu..(cop jawab memangko ini,,,hehehe)

    sesuai dengan sLogan ” AYO KE BANK ” nigh…!!!! hihihi

    …kenapa semua persoalan Ujung2x daNa….????

  2. @dhida
    Kelengkapannya mudah dhid’, cm bw fotokopi KTP yg masih berlaku sebanyak 3 lembar, membuka rekening di tempat pengambilan kur, menyertakan data usaha yang terlampir untuk di kreditkan…

    Mungkin slogan itu ditujukan supaya, Qta rajin nabung aja (haha) dan spy kredit usaha untuk masyarakat kecil bs lancar, dan menyimpan di bank mmg lbh aman aja (jwbn anak SD). hahha

    Ujung2nya selalu dana, sebab yg dikredit jg dana untuk invest…hahha, yah ttp hrs dikembaliin dounk, semua dananya khan di puter +ongkos adminstrasi n bunga cicilan yg g tinggi koq.

    Tapi aQ pribadi g mau kur2an…hehe…
    Tapi gitulah (tp lagi) ada juga yang merasakan manfaat dr kur itu, ada jg yg ternyata merasa berat sampe nunggak…, ada yg marah2, kurnya blm cair….macam2 deh…wuih….cpk degh…

  3. @Yella,
    Wahahuahuaha….iya mbak, biar dpt ongkos tambahan..lumayan biasanya mbak, begitu ibu2 udah cair Kur-nya, Qta2 dpt ‘hadiah’ jg…hehe

  4. Ari26,
    wallah…hehe…jujur koq aQ g ngerti y? nymbungnya dimn lah…tp thanks udah mampir cz…
    πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s