Sarah · Simple Word

DaeRaH aSaL

Banyak orang nggak tahu daerah (sebut aja kampung napa!) asalQ….nich aQ berdarah campur (campuran manusia ‘n mahkluk laen kallleee)…yagh, PaCe (Papa Cerewet) ntuh dari Pulau Selayar (pada tahu nggak Selayar di mana? itu lho, pulau terpencil yang nongol pas di bawah kaki-nya pulau Sulawesi selatan), sedang MaCe (Mama Cerewet) itu berdarah Makassar, Jawa, dan China. Nagh, umumnya orang2 yang ketemu sm aQ, suka nebak sendiri…”Sarah, orang jawa ya?”…atau “Adek Sarah, org Bugis asli atau Makassar asli?”…dan pertanyaan yang paling bikin sebal “China ya?”…😑


Jadi, Qjawab cuek aja “aQ orang Selayar-Makassar”…seketika, orang yang bertanya jadi hening seribu bahasa, tak bergeming, dan menatapQ lekat-lekat.

“Masa sech?” Tanya mereka lagi rata2 dengan kening berkerut..Kalo, sudah begitu aQ cm senyum nyengir sambil bersiap-siap ambil ancang mau berlalu aja. “jadi, mesti hati2 nich…” Itu sebagian dari bisikan mereka…(aQ jd mulai masuk ke rasa kesel level 1). “Habis, klo orang Makassar, kasar-kasarki bede orangnya...(habis, denger2, kalo orang Makassar itu tipenya kasar-kasar)”.

Qtanggapi dengan senyum ramah, lembut, manis, dan santun “Yang kayak gini, (sambil nunjuk senyumQ) yang dibilang kasar, atau cara ngomong aQ yang dibilang kasar?”…mereka langsung melotot “Mau dari daerah mana juga, tergantung masing-masing orangnya…tapi memang ada beberapa sikap yang pasti beda-beda tiap suku aja. Tapi bukan berarti juga langsung nge-cap keseluruhan orang dari daerah tersebut (sekali lagi, baca kampung!) tertentu sama semua dounk”.

“iya sich, tapi Sar, ada lagi nich katanya kalo orang dari Selayar itu, punya ‘ilmu-ilmu’ gitu ya?” Mereka bertanya dengan hati-hati sambil agak menjauhkan bahunya dariQ.

“Hahahahaha…capek dech ngomong sama kau!” KataQ sambil berlalu masih tetap dengan ketawa ngakak aja.

Intinya ya nggak-lah. Di keluargaQ nggak pernah ada kejadian menggunakan ilmu-ilmu aneh kayak pikiran orang-orang tentang asal muasal daerah (baca-kampungQ!!!!). Apalagi PaCe yang hatinya amat sangat indah sampe bisa melahirkan anak yang baik dan manis seperti aQ ini…capek dech..

19 thoughts on “DaeRaH aSaL

  1. hahaha
    orang jawa ya?
    ayo ngomong jawa sama aku
    mudeng ora?
    hehe

    Sarah : Akh…bahasa Makassar saja aQ g fasih, bahasa Selayar aja aQ sama sekali buta, apalagi bahasa Jawa…hahaaha…untung Bahasa Indonesia-Q jago, kalo g…org mana lagi aQ ini…πŸ˜›

  2. Habis, klo orang Makassar, kasar-kasarki bede orangnya…(habis, denger2, kalo orang Makassar itu tipenya kasar-kasar)”.

    Ga juga tuh buktinya banyak orang makassar ga seneng main kasar salah satunya mungkin gua nih yang dari bulukumba-makassar anti ama orang2 yg suka reseh entah itu kelakuan ato cara ngomongnya. lam kenal yah mbah saya juga dari selayar.. kalo mau cerita panjang deh storynya sampe gua nyasar di purbalingga.

    Sarah : Itulah, aQ juga herrran kok banyak orang beranggapan org makassar itu kasar2 semua. Termasuk ketika mendengar aQ anak Makassar… Wallah…ini nich anak asli sulawesi, plus selayar juga yach..jauh banget smpe nyasar ke Purbalingga..hehe…salam kenal jugha..terima kasih sudah mampir ke sini

  3. Hei,
    pengen nanya nich…
    kamu sukunya chinesse yach ??πŸ™‚

    Sarah : Nnnnngggg….*gigit bibir sendiri*πŸ™‚

  4. waduh.. omong opo iki?

    Sarah : Ngomongin aQ ini (narsis)…masa ngomongin org lain…hehe…terima kasih udah mampir

  5. ahaha…sy juga sering dikira orang cina, padahal mataku sipit karena efek dr kacamata yg sdh menemani dr kecil…

    ooo…orang selayar toh…ck..ck..:lol:

    Sarah : iya nich…bete khan dibilangin org cina…hehehe…iya org selayar…makasih udah mampir…

  6. sarah lahir dikasur yah ……. * nga nyambung amat *

    Sarah : Hehehe…alhamdulillah…emang lhr di kasur, bkn di tanah…terima kasih udah mampir

  7. Ngemeng2, Sarah suka masakan china ga??
    Walaaahh.. apa hubungannya??
    Hehehehe….

    Sarah : Hehehe…biasa aj, lbh suka mskn asli indonesia koqπŸ™‚

  8. yahh… terkadang banyak orang memberi anggapan kepada seorang dengan melihat tampang dan sukunya. Tapi kita harus bangga dengan ciri primordial kita… biar di bilang batak kek, bugis kek, jawa kek… makasar kek, kekkekkkkkk…. enjoy aja !!!!

    Sarah : Mantthhhaaappp….bener tuch…makasih udah mampirr…

  9. aku cuma tahu ceme dan mandre doang!

    Sarah : Mmm…mandre = makan..hehe…org Makassar tp g pandai aQ berbahasa Makassar apalagi bahasa Bugis…Ntuh khan bahasa Bugis. Tp thanks udah mampir…

  10. WE..kayak lamaQ nda’ cuap2 bareNk…
    huaaahh..kenapa kayak2 ngantukK…

    sy baNgga jadi orang Bugis-Makassar…

    Sarah : Iyo kangenQ jg sm kau…hehehe…mslhnya laptpQ lg rusak bla…pergi ko cuci muka spy g ngantuk… sy jg bangga jd org Mkssr…

  11. hhhhhhhhhhh”””””kamu orang jawa bodok baru jangan jago-jago

    ???????????????kmu tra bisa lawan org papua ayo skg kta baku rame sudh?????

    “”””””””””””””””” kkoew jgn asal tau loh””mcm aneh””anjing?????

    Sarah : maaf, ada apa yah??? kok jd ngamuk2, g ada unsur SARA di postingan ini yang bisa menyinggung suku dan daerah manapun, tetapi jika seandainya kamu mmg g suka, saya minta maaf.. Menjaga lisan dan tulisan di internet mesti dilakukan, agar g ada yg tersinggung, kayaknya komentmu sudah agak mengganggu, untuk itu, bisa saja ditindaklanjuti

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s