Mungkin tak banyak yang tahu tentang Hari Jadi kota Makassar, bahkan oleh warga masyarakat kota Maakassar sendiri. Tanggal 09 November 2008 adalah hari jadi kota Makassar. Kemarin aku berjalan di pusat perbelanjaan kota Makassar, dan terketuk hatiku oleh kotaku ini…akhirnya sedikit mengulas balik tetang sosok kota Makassar, aQ mencoba untuk membaca kembali beberapa artikel kota Makassar. Termasuk sejarahnya…

vrouwen-uit-makassar-1900Baju adat Makassar (Baju Bodo)

Suku Makassar adalah nama Melayu untuk sebuah etnis yang mendiami pesisir selatan pulau Sulawesi. Lidah Makassar menyebutnya Mangkassara’ berarti Mereka yang Bersifat Terbuka.

prauwenhaven-te-makassar-1920Prauwenhaven te Makassar 1920

Etnis Makassar ini adalah etnis yang berjiwa penakluk namun demokratis dalam memerintah, gemar berperang dan jaya di laut. Tak heran pada abad ke-14-17, dengan simbol Kerajaan Gowa, mereka berhasil membentuk satu wilayah kerajaan yang luas dengan kekuatan armada laut yang besar berhasil membentuk suatu Imperium bernafaskan Islam, mulai dari keseluruhan pulau Sulawesi, kalimantan bagian Timur, NTT, NTB, Maluku, Brunei, Papua dan Australia bagian utara. Mereka menjalin Traktat dengan Bali, kerjasama dengan Malaka dan Banten dan seluruh kerajaan lainnya dalam lingkup Nusantara maupun Internasional (khususnya Portugis). Kerajaan ini juga menghadapi perang yang dahsyat dengan Belanda hingga kejatuhannya akibat adudomba Belanda terhadap Kerajaan taklukannya.

straat-te-makassar-met-aan-de-rechterzijde-de-kantoren-vanStraat te Makassar met aan de rechterzijde de kantoren van

Berbicara tentang Makassar maka adalah identik pula dengan suku Bugis yang serumpun. Istilah Bugis dan Makassar adalah istilah yang diciptakan oleh Belanda untuk memecah belah kedua etnis ini. Hingga pada akhirnya kejatuhan Kerajaan Makassar pada Belanda, segala potensi dimatikan, mengingat Suku ini terkenal sangat keras menentang Belanda. Dim anapun mereka bertemu Belanda, pasti diperanginya. Beberapa tokoh sentral Gowa yang menolak menyerah seperti Karaeng Galesong, hijrah ke Tanah Jawa memerangi Belanda disana. Bersama armada lautnya yang perkasa, memerangi setiap kapal Belanda yang mereka temui.

fort-rotterdam-te-makassar-3-1946Fort Rotterdam te Makassar 3 1946

Sejarah Makassar masih sangat panjang. Generasi demi generasi yang terampas harga diri dan kepercayaan dirinya sedang bangkit bertahap demi bertahap sambil berusaha menyambung kebesaran nama Makassar, “Le’ba Kusoronna Biseangku, Kucampa’na Sombalakku. Tamammelokka Punna Teai Labuang”

karebosiLapangan Karebosi sebelum revitalisasi

4november2007xLapangan karebosi dalam tahap revitalisasi (skrg sich udah hampir jadi)

Telah sangat banyak perubahan yang terjadi, pantai losari, gedung-gedung tinggi, munculnya pub, pergaulan anak mudanya, bahkan lapangan ‘keramat’ karebosi…hmmm, Tak banyak yang ingin kupaparkan tentang kota kelahiranku ini, tapi dalam menyambutnya, aku tengah berharap semoga kota Makassar menjadi kota yang makmur, bertatanan baik, terpelihara budayanya, dan semakin sejahtera, tidak ada gambaran tentang kekerasan, anarkis, dan kota yang semrawut…

800px-anjungan_losari1wajah Anjungan Pantai Losari kini

Selamat Hari Jadi Kota Makassar…

Artikel Suku Makassar dpt disini

Gambar-gambar Makassar tempo doloe, koleksi pribadi milik bokap tanpa copyright

Gambar Lapangan Karebosi sebelum revitalisasi

Gambar Lapangan Karebosi dalam tahap revitalisasi

Gambar Pantai Losari Kini