Artikel · Sarah

Selamat Hari Jadi

Mungkin tak banyak yang tahu tentang Hari Jadi kota Makassar, bahkan oleh warga masyarakat kota Maakassar sendiri. Tanggal 09 November 2008 adalah hari jadi kota Makassar. Kemarin aku berjalan di pusat perbelanjaan kota Makassar, dan terketuk hatiku oleh kotaku ini…akhirnya sedikit mengulas balik tetang sosok kota Makassar, aQ mencoba untuk membaca kembali beberapa artikel kota Makassar. Termasuk sejarahnya…

vrouwen-uit-makassar-1900Baju adat Makassar (Baju Bodo)

Suku Makassar adalah nama Melayu untuk sebuah etnis yang mendiami pesisir selatan pulau Sulawesi. Lidah Makassar menyebutnya Mangkassara’ berarti Mereka yang Bersifat Terbuka.

prauwenhaven-te-makassar-1920Prauwenhaven te Makassar 1920

Etnis Makassar ini adalah etnis yang berjiwa penakluk namun demokratis dalam memerintah, gemar berperang dan jaya di laut. Tak heran pada abad ke-14-17, dengan simbol Kerajaan Gowa, mereka berhasil membentuk satu wilayah kerajaan yang luas dengan kekuatan armada laut yang besar berhasil membentuk suatu Imperium bernafaskan Islam, mulai dari keseluruhan pulau Sulawesi, kalimantan bagian Timur, NTT, NTB, Maluku, Brunei, Papua dan Australia bagian utara. Mereka menjalin Traktat dengan Bali, kerjasama dengan Malaka dan Banten dan seluruh kerajaan lainnya dalam lingkup Nusantara maupun Internasional (khususnya Portugis). Kerajaan ini juga menghadapi perang yang dahsyat dengan Belanda hingga kejatuhannya akibat adudomba Belanda terhadap Kerajaan taklukannya.

straat-te-makassar-met-aan-de-rechterzijde-de-kantoren-vanStraat te Makassar met aan de rechterzijde de kantoren van

Berbicara tentang Makassar maka adalah identik pula dengan suku Bugis yang serumpun. Istilah Bugis dan Makassar adalah istilah yang diciptakan oleh Belanda untuk memecah belah kedua etnis ini. Hingga pada akhirnya kejatuhan Kerajaan Makassar pada Belanda, segala potensi dimatikan, mengingat Suku ini terkenal sangat keras menentang Belanda. Dim anapun mereka bertemu Belanda, pasti diperanginya. Beberapa tokoh sentral Gowa yang menolak menyerah seperti Karaeng Galesong, hijrah ke Tanah Jawa memerangi Belanda disana. Bersama armada lautnya yang perkasa, memerangi setiap kapal Belanda yang mereka temui.

fort-rotterdam-te-makassar-3-1946Fort Rotterdam te Makassar 3 1946

Sejarah Makassar masih sangat panjang. Generasi demi generasi yang terampas harga diri dan kepercayaan dirinya sedang bangkit bertahap demi bertahap sambil berusaha menyambung kebesaran nama Makassar, “Le’ba Kusoronna Biseangku, Kucampa’na Sombalakku. Tamammelokka Punna Teai Labuang”

karebosiLapangan Karebosi sebelum revitalisasi

4november2007xLapangan karebosi dalam tahap revitalisasi (skrg sich udah hampir jadi)

Telah sangat banyak perubahan yang terjadi, pantai losari, gedung-gedung tinggi, munculnya pub, pergaulan anak mudanya, bahkan lapangan ‘keramat’ karebosi…hmmm, Tak banyak yang ingin kupaparkan tentang kota kelahiranku ini, tapi dalam menyambutnya, aku tengah berharap semoga kota Makassar menjadi kota yang makmur, bertatanan baik, terpelihara budayanya, dan semakin sejahtera, tidak ada gambaran tentang kekerasan, anarkis, dan kota yang semrawut…

800px-anjungan_losari1wajah Anjungan Pantai Losari kini

Selamat Hari Jadi Kota Makassar…

Artikel Suku Makassar dpt disini

Gambar-gambar Makassar tempo doloe, koleksi pribadi milik bokap tanpa copyright

Gambar Lapangan Karebosi sebelum revitalisasi

Gambar Lapangan Karebosi dalam tahap revitalisasi

Gambar Pantai Losari Kini

42 thoughts on “Selamat Hari Jadi

  1. wah, ini…ini… Jarang2 ada penduduk aseli suatu kota a.k.a pribumi yg ‘ngeh’ dg hari jadi kotanya.

    Dulu namanya Ujung Pandang lalu skrg berubah kembali mjd Makassar. Konon katanya, masyarakat lebih senang dg nama Makassar dibanding dg Ujung Pandang. Apa betul?

    Anyway, Makassar banyak berubah ya. Lapangan karebosi mo dijadikan semacam t4 olahraga tuk umum ya? Itu direvitalisasi total? Kl gk salah, dulu di dpn Athirah ada lapangan basket.

    Ewako for Makassar.

    Sarah : Terima kasih…hal yang sangat memprihatinkan dari perubahan kota Makassar adalah masalah revitalisasi Lapangan Karebosi tersebut, sebuah lapangan trebesar tepat dijantung kota Makassar yang sangat bersejarah dan merupakan pusat olahraga dan hiburan umum warga Makassar harus berubah menjadi tempat komersialisasi, pembangunan Mall dibawahnya merupakan bukti nyata dialihkannya pemanfataan Karebosi untuk kepentingan pribadi semata..sekarang ini, pembangungan tersebut yang terkesan hanya mementingkan tampilan fisik itu, terbukti tidak memiliki kualitas dan profesionalitas yang dijanjikan, kemarin setelah 20 menit diguyur hujan, mall tersebut banjir besar…sungguh memprihatinkan, begitupun dengan revitalisasi dan penimbunan laut di Pantai Losari, sampai sekarang masih terbengkalai serta belum nenunjukkan kerja maksimal dari proyek tersebut…Di depan Athirah masih ada lapangan basket itu koq, sampai sekarang masih ramai oleh pertandingan2 basket…terima kasih atas perhatiannya kepada kota daeng ini..mengenai nama, sebenarnya awalnya memang Makassar, tapi kemudian berubah menjadi Ujung Pandang, dan akhirnya malah kembali lagi menjadi Makassar. Terima kasih atas kunjungannya..๐Ÿ˜‰

  2. wah… kerrenn..
    pengen ke makasaar tp ga ksmpean๐Ÿ˜€

    Sarah : Hehehe..yuk main ke Makassar, gratis koq, renang aja….:mrgreen:

  3. Wah…
    Makasar ulang tahun…
    Selamat ya…

    Hebat nih, warga yang benar-benar berbudi, tahu banyak dan mencari informasi sebanyak-banyaknya untuk dibagi ke para pembaca di luar Makasar…

    Nice post, Sarah.
    Good job:)

    Sarah : Makasih mbak, pengetahuan sy ttg Makassar sendiri jg mash minus, makanya jd rajin baca2 dulu ttg Makassar belakangan ini..hehe, Semoga sukses selalu mbak:)

  4. wah, banyak yang ulang tahun hari ini.
    semoga Makasar tambah keren:)

    Sarah : Oo, banyak y ultah hr ini? Hehe, kl gith aQ jg ah mo ngucapin met ultah buat smua yg ultah hr ini..amin, mg makn keren kayak yg koment:)

  5. Selamat ultah deh Makassar dan penghuninya. Panjang umur, murah rejeki, nyaman, sehat, bahagia, sentosa. Salam hangat.

    Sarah : Iya, terima kasih atas ucapan dan doanya…salam hangat dr Makassar dan terima kasih udah mampir ke blognya akan Makassar ini

  6. Waaaaaa…… Selamat Ulang Tahun Buat Makassar …. Jangan Ganti Nama Lagi Ya ……

    Sarah : Hehe…iya makasih dan mengenal perubahan nama, masih belum tau…tergantung dounk…:mrgreen:

  7. Akh, slamat hari jadi juga ya, aku ada temen orang makasar, leboy banget, hehehe

    Sarah : Iya, makasih atas ucapannya…punya temen anak makassar jg y..bgs dounk, jd kpn2 bs dounk jlan2 ke Makssar

  8. selamat ulang tahun juga buat makassar, saya ngeliat pantai losari langsung pengen ke sana… ada yang mau ngajak saya gak? gratis tapi…. hihihihihi

    salam kenal sis

    Sarah : Terima kasih, hehe…gratis kok ke Makassar, asal berenang sendiri..hahaha
    Salam kenal juga, makasih udah mampir
    ๐Ÿ˜€

  9. Saya sangat percaya anak Makasar (yang kukenal) sangat pemberani. Sayang akhir akhir ini kalo liat berita Makasar isinya hanya soal tawuran dan keributan sekota.

    Sarah : Itulah yg membuat sy jd sgt prihatin sampe akhirnya bkn postingan ttg kotaQ, aQ sgt menyayangkannya…Makassar telah banyak berubah, aQ hanya berdoa smg di hr yg penting bg Makassar memberikan harapan dan kebaikan ada seluruh lapisan wagra Makassar:)

  10. perubahan nama makassar ke ujungpandang dan sebaliknya juga menjadi sejarah bagi kota ini.

    Sarah : Iya bener banget kang Arul…semua yg terjadi slm bbrp thn Kota Makassar adalah sbeuah sjrh yg sgt berarti bagi warga Makassar, makasih kang:)

  11. duh belon pernah ke Makassar. Ongkosin mau gak? Selamat hari jadi yahhh

    Sarah : Wallah, bisa koq, nanti Qongkosin pk duit monopoli y..hehe, makasih ucapannya, salam hangat dr Makassar

  12. gw baru tahu kalo sarah dari makasar.., wah selamat Ultah Ya..Kotamu.. ๐Ÿ˜€

    Sarah : Iya pdhl aQ udah memperkenalkan diriQ sbgai anak Makassar di widget svblh kiri dibwh picQ..hehe, *nasis* apa tampang aQ g kyk anak Mkssr y? Hehehe, makasih atas ucapannya, salam dr Makassar

  13. Artikel-artikel di blog ini bagus-bagus. Coba lebih dipopulerkan lagi di Lintasberita.com akan lebih berguna buat pembaca di seluruh tanah air. Dan kami juga telah memiliki plugin untuk WordPress dengan installasi mudah.
    Kami berharap bisa meningkatkan kerjasama dengan memasangkan WIDGET Lintas Berita di website Anda sehingga akan lebih mudah mempopulerkan artikel Anda untuk seluruh pembaca di seluruh nusantara dan menambah incoming traffic di website Anda. Salam!

  14. Selamat hari jadi buat makasar..
    semoga rakyatnya makmur sejahtera..
    semoga pemimpinnya adil dan bijaksana…

    *ikut dondanang ke makasar..๐Ÿ˜€

    Sarah : Terima kasih ataa ucapannya…
    Amin…amin…

    *liatin Trijokob ngikutin Dondanang

  15. hepi eniversari…..

    ada makan-makannya gag???:)

    Sarah : Ada..ada…silahkan berkunjunga ke Makassar, dalam rangka ultahnya Makassar, bakal ada acara festival…yuukk

  16. Pantai losari aneh deh.. Pantai koq malah dibikin plaza permanen?

    Sarah : Banyak keanehan mmg tp nyata demi sebuha komersialisasi..,makaish udah berkunjung ke blogQ:)

  17. Selamat ulang tahun kota Makassar….
    Banyak kenangan indah di Makassar…yang selalu kubawa bersamaku…..Pantai Losari, Pantai Pasir putih, Barrang Lompo….Barrang Cad’diq….Sarah mestinya taukan Barrang Lompo…?!……Salam dari jauh.

    Sarah : Terima kasih atas ucapannya…kenangan2nya pasti seru y….Barrang Lompo…kayaknya g asing dech..hehe…klo g salah itu salah satu nama pulau di Makassar khan, yg kaya akan kekayaan lautnya itu? Hmm…banyak t4 yg indah tp aQ sendiri blm pernah main di t4 tersebut…insya Allah lain kali *klo ada duit maksudnya*

  18. wahhhhh Ultahnya Saan nie sama Aq, met hari jadi kota makassar.Lain Waktu Aq mampi lagi ke sana

    Sarah : Wagh, klo gitu selamat ulang tahun nich, ok, kapan2 mampir lagi y:)

  19. Alo Sarah, trims dah mampir ke blog saya..:) Oo sarah tinggal di makasar toh ya? Saya tinggal di Bandung juga gak hapal kapan hari jadi kota Bandung sendiri, hahaha… :p

    Sarah : Alo juga, iya, sama…Ho’oh aQ tinggal di Makassar…hehe…

  20. ultah makassar kah???
    keNapa Bp. Ilham nda’ undang ka’ yah??? aiiihhh…pasti nda’ seru perayaannnya nda’ adaK belaaaa….

    met Ultah makassar…(Hidup Pa’baeng-baeng)!!!
    Moga2 cuaca makassar tidak panas lagi…hihihihi

    Sarah : Iyoa, Dech, bukan cm Pak Ilham yg ndak undangko, tp semua warga Mkssr ndak mau bd undangko…hehehe…Wallah, mmgnya cm pa’baeng2 ji Mkssr? Hehhe..Hidup Panakukkang…well, cuacanya Mkssr msh ttp seperti yg dulu Dhid…*wallah*

  21. selamat ultah makassar q lahir dan dibesarkan dikota ini, walaupun kini q hidup dit4 lain namun jiwa dan semangat masih dimakassar hidup! makassar jayalah selamanya amin

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s