Tuhan Itu Tidak Ada?

Seorang konsumen datang ke tempat tukang cukur untuk memotong rambut dan merapikan brewoknya.

Si tukang cukur mulai memotong rambut konsumennya dan mulailah
terlibat pembicaraan yang mulai menghangat.

Mereka membicarakan banyak hal dan berbagai variasi topik pembicaraan,
dan sesaat topik pembicaraan beralih tentang Tuhan.

Si tukang cukur bilang, “Saya tidak percaya Tuhan itu ada”.

“Kenapa kamu berkata begitu . . . . . . ???” timpal si konsumen.

“Begini, coba Anda perhatikan di depan sana, di jalanan… untuk menyadari bahwa Tuhan itu tidak ada.
Katakan kepadaku, jika Tuhan itu ada,
Adakah yang sakit . . . . . ??, Adakah anak terlantar . . . . . . ??
Jika Tuhan ada, tidak akan ada sakit ataupun kesusahan.
Saya tidak dapat membayangkan Tuhan Yang Maha Penyayang akan membiarkan ini semua terjadi.”

Si konsumen diam untuk berpikir sejenak, tapi tidak merespon karena dia tidak ingin memulai adu pendapat.

Si tukang cukur menyelesaikan pekerjaannya dan si konsumen pergi meninggalkan tempat si tukang cukur.

Beberapa saat setelah dia meninggalkan ruangan itu dia melihat ada
orang di jalan dengan rambut yang panjang, berombak kasar
(mlungker-mlungker- istilah jawa-nya), kotor dan brewok yang tidak dicukur.
Orang itu terlihat kotor dan tidak terawat.

Si konsumen balik ke tempat tukang cukur dan berkata, “Kamu tahu, sebenarnya TIDAK ADA TUKANG CUKUR.”

Si tukang cukur tidak terima, “Kamu kok bisa bilang begitu . . . . . . .??”.

“Saya di sini dan saya tukang cukur. Dan barusan saya mencukurmu!”

“Tidak!”, elak si konsumen. “Tukang cukur itu tidak ada, sebab jika ada, tidak akan ada orang
dengan rambut panjang yang kotor dan brewokan seperti orang yang di luar sana “, si konsumen menambahkan.

“Ah tidak, tapi tukang cukur tetap ada!”, sanggah si tukang cukur.
” Apa yang kamu lihat itu adalah salah mereka sendiri, kenapa mereka
tidak datang ke saya”, jawab si tukang cukur membela diri.

“Cocok!” kata si konsumen menyetujui. “Itulah point utama-nya!.
Sama dengan Tuhan, TUHAN ITU JUGA ADA!
Tapi apa yang terjadi… orang-orang TIDAK MAU DATANG kepada-NYA, dan TIDAK MAU MENCARI-NYA.
Oleh karena itu banyak yang sakit dan tertimpa kesusahan di dunia ini.”

Si tukang cukur terbengong!!

nb: di mana y aku dapat artikel ini? Udah lupa..hehe..maafkan saya

Iklan

67 thoughts on “Tuhan Itu Tidak Ada?

  1. arsyadsalam berkata:

    hmmm inspiratif sekali kisahnya..
    saya teringat cerita mitos gua dari Plato tentang hal yang sama…

    Sarah : Wiw…sayangnya aQ lupa ngambil dimn artikel ini..yang pastinya sich, dr org2 hebat mcm Plato….bener2 inspiratig….πŸ™‚

  2. bluethunderheart berkata:

    dengan tidak mengurangi porsi potongan rambut saya…….he kamu tahu kalau aku habis potong rambut,sar? dukun ya kamu………..hehehe…….lari………… takut di santet hehehheee…….
    sar bagus kamu punya postingan
    salam hangat selalu

    Sarah : Masa sech rambut baru bang? Kok kayaknya g berubah tuch potongan rambutnya dr belakang? Wkwkwkwk….enak aja, masa ada dukun sich, mn ada dukun yg kayak aQ, emang ada dukun serba pink? Yuuuu…hehe…
    makasih bang, tp yg jelas ini adalah sbeuha artikel yang entah berantah aQ comot dr mn..lupphhaaa..
    salam hangat persahabatan selalu dariQ bang..

  3. Gusti Dana berkata:

    Bener tuch mbak Sarah…:-o,Allah itu sangat dekat dengan kita.Bahkan saking dekatnya,sampai-sampai lebih dekat daripada urat nadi leher kita sendiri.

    Koq bisa lupa yah…:-o,sama kayak saya,he.he.he!:-D

    Sarah : Nice Comment of D’day…
    saking deketnya, sampai denyut jantung sendiri kadang Qta lupa untuk Qta resapi….
    hehe

  4. aRai berkata:

    pernah baca artikel ini … lupa juga seh tapi yg pasti di buku … hehe

    Sarah : Iya, aQ juga bingung, dimn y aQ ambil artikel ini? Huahaha…payah banget dech, aQ…bisa2 dibilang pembjakan kelas tinggi…hehehe

  5. anderwedz berkata:

    Tuhan akan mendengar permohonan dan Do’a yang datang dari dalam hati dan penuh akan kepercayaan kepada-Nya…

    Sarah : Right!…bener banget tuch..

  6. Humorbendol berkata:

    Mantap…
    Sering banget bendol ngelupain Tuhan. apalagi saat nge-blog gini.
    Menarik banget Mbak…
    eh..salam buat Bang Troy.
    πŸ™‚

    Sarah : Padahal ada postingan di blog Bendol ttg waktu sholat…dibandingin waktu nge blog, lbh banyak waktu nge blognya tuch..heheh….hayooo…
    postingan Bendol yg ttg waktu itu, sungguh luar biasa…sampe bikin aQ itung2 sendiri, dan menyesali waktu yg terbuang banyak lo…sangat menarik juga..mkasih y Ndol..
    salam balik pasti dr bang Troy…

  7. tanggorajo berkata:

    Tuhan ada koq disamping kita, kitanya aja yang ga bisa lihat…
    salam kenal aja ya

    Sarah : Yg pasti aQ selalu percaya Tuhan itu ada di mana2, dan selalu melihat serta mendengar dan Maha Tahu, sungguh tak terbatas dengan kata2…..
    makasih y udah mampir ke blogQ
    salam kenal

  8. doelsoehono berkata:

    wah maenteup Bro ……

    artikel yang sangat -dan sangat memberikan pencerahan kepada para pembacanya …Thanks

    Sarah : Sama2..makasih Sist.. *lho?!* Hehehehe…

    sayangnya aQ bener2 lupa dimn aQ comot artikel ini, untuk itu berterima kasih lah kepada siapa sesungguhnya yg begiut bijak dan sangat baik hati telah menulis tulisan luar biasa ini…aQ hanya meneruskannya aja…
    mksh y udah mampir ke blogQ
    salam kenal
    πŸ™‚

  9. Red Dog berkata:

    hebat, tulisannya bagus….sangat kreatif lah…drpd blog gw g pernah nulis yg beginian…
    (plok2) (ceritanya tepuk tangan)

    πŸ˜›

    Gagal pertamax lagiii tidakkk

    Peace and Love
    Red Dog

    Sarah : Tapi di blog Red Dog, ada kuisnya bagi2 pulsa, dan jelas sekali, aQ g mungkin ngelakuin hal yg sama….ngisi pulsa sendiri aja msih suka susah, apalagi ngisiin org lain secara cuma2…wkwkwkwkwk…

  10. nurriey berkata:

    tapi tuhan itu maha adil
    menciptakan segala sesuatu-nya seimbang..
    ada yg kaya ada yg miskin..
    kalo orang kaya semua, siapa yg mau jadi buruh,tukang sapu,tukang cukur..
    betul bukann??

    http://myandmine.wordpress.com

    Sarah : Yoa, bener banget tuch mbak….hidup memang sbeuah pilihan…
    Mbak, PR blm Qambil…lupa mbak..hehe…ntar y…

  11. nurriey berkata:

    mba izin majang blog mba di blogroll

    Sarah : Pasti nanti Qtaruh kok mbak,. cm mslhnya sekarang lagi banyak banget link yg mesti Qmasukkin, dan tiap hari ternyata bertambah…hehe…jd mesti sabar dan pelan2…makasih lo mbak, atas kesabarannya..hik..hik..

  12. ahmad sheva berkata:

    iya . aq juga pernah baca ini artikel . tp lupa dmn . klo g salah di postingan salah satu milis .

    but thx anyway . ini sudah mengingatkan aq . πŸ˜€

    Sarah : Mailis y? tp kayaknya aQ bukan dpt dr mailis dech….hehe…makasih y..

  13. Bayu berkata:

    Tuhan akan selalu ada disamping kita, tapi kita seringkali kita menganggap dia sedang sibuk memperhatikan orang lain sehingga kita merasa ia sedang tidak memperhatikan kita…

    Top Post..
    Success selalu buat mbak sara…

    Sarah : Terima kasih…yg pasti TOP adala org yang membuta artikel ini, aQ hanya menaruhnya sebagai artikel, sayangnya lupa dr mana, aQ mengambil tulisan ini…
    mksh jg udah mampir ke blogQ
    salam kenal…dan juga sukses selalu y
    πŸ™‚

  14. cenya95 berkata:

    Ada atau tidak… tipis bedanya.
    Ku tetap percaya.
    πŸ˜€

    Sarah : Pasti ada….karena yakin dia ada, maka aku percaya apapun yg terjadi dalam hidup karena kuasaNya…πŸ™‚

  15. sunarnosahlan berkata:

    analogi yang super sederhana, justru logika sulit membantahnya. Tak perlu ayat-ayat yang mungkin terkesan njlimet

    Sarah : Iya juga y…kok aQ g kepikiran bgtu y…hehehe…makasih mas

  16. zoel berkata:

    wiw TUHAN ITU JUGA ADA!
    Tapi apa yang terjadi… orang-orang TIDAK MAU DATANG kepada-NYA, dan TIDAK MAU MENCARI-NYA. bener bangettt nichhh

    Sarah : Iya…well, yg koment ini bang Zul or Mbak Dikanya…hayooo…hehe..sukses buat Qlian berdua y..rakun2 n makin syng2an…heuheue

  17. septarius berkata:

    Akemashite omedetou gozaimasu.

    Yoi otoshi o omukae kudasai.

    maksudnya: met tahun baru, semoga tahun baruanya

    menyenangkan πŸ™‚

    Sarah : Qpikir td ada mahkluk dr mn githu..heheh..makasih y…
    met tahun baru juga…semoga menyenangkan juga y….

  18. pakdejack berkata:

    Aq merasa kotor sekali untuk datang ke Tuhan, krn udah terlalu byk dosa yang aq lakukan..

    Sarah : Nggak ada manusia di dunia ini yg g berdosa…tapi Tuhan Maha Pengasih, dan Maha pengampun….
    Asal mau bersungguh2 dan tidak akan mengulangnya lagi, Insya Allah, diberi kemudahan….
    Maaf sebelumnya, aku bukanlah orang yang ahli dan pantas memperdebatkannya. Tetapi kita sesama manusia biasa, smg dpt membantu…
    makash y udah mampir k blogQ..salam kenal

  19. thevemoβ„’ berkata:

    Jika kita datang kepada tuhan…maka tuhan itu ada? atau hanya percaya bahwa tuhan itu ada tapi tidak pernah menyapanya?

    Sarah : itu bisa juga mas…hehe, ku rs semuanya mmg kembali pd diri kita masing2

  20. Hejis berkata:

    Cerita seperti ini kadang2 lebih menguatkan iman kepada Tuhan daripada logika yang njlimet.

    Btw, meskipun saya tidak brewokan perkenankan saya mengucapkan Selamat Tahun Baru. Semoga kita bertambah taqwa kepadaNya. πŸ˜€

    Sarah : Iya Jis…
    hehe…iya sama2….semoga berkah dan rahmatNya diberikan oleh Allah SWT< kepada kita semua…amin…

  21. awik1212 berkata:

    yes mantab.. gud gud gud

    Sarah: Makasih..makasih..makasih…katakanlah gud pd si penulis alsi artikel ini..hehe

  22. omiyan berkata:

    Aku jauh Engkau jauh
    Aku dekat Engkau Dekat

    Seperti itulah kita terhadap Tuhan dan Tuhan terhadap kita

    Sarah : Bener banget…kira2 mmg sprt itulah…hehe….

  23. hawee berkata:

    cerita yang sangat bagus..dengan keyakinan dan perumpamaan utk melawan yang tidak percaya

    Sarah : Mudah2an bs memberi pencerahan aja….hehe..

  24. Treante berkata:

    ada tidaknya tergantung iman masing” orang πŸ˜›

    kamu sendiri percaya ato gak? πŸ˜‰

    Sarah : Percaya douunkkk…hehehe

  25. sulaiman berkata:

    Tuhan menciptakan manusia dengan dikarunia semua hal yang perpasangan di dunia ini, ada pria ada wanita, ada senang ada susah, ada siang ada malam, ada positif ada negatif, semua pasangan tersebut harus kita renungkan dan kita ambil hikmatnya agar kita berbahagia di dunia dan diakhirat.

    Sarah : Iya bener banget….sebuah komnet singkat yg mengingatkan nich..mksh banyak y…mksh jg udah mampir k blogQ
    salam kenal dariQ

  26. mocher berkata:

    artikel yang bagus…
    tapi kalo sarah itu ada atau tidak ada?? πŸ˜›

    Sarah : Makasih…wallah, ada dounk…mksh jg udah mmapir k blogQ y
    salam kenal

  27. bluethunderheart berkata:

    sar………..
    gimana sudah baikkan. makanya dont mikirkan blue terus………hehehe
    selamat malam sahabat.istirahat yang cukup trus jangan lupa makan vitamin.terserah jenis apa vitaminnya
    salam hangat selalu

    Sarah : Alhdamulillah, udah baikan bang….wallah, siapa yg mikirn bang bLue terus2an? Hahahhaha….met tahun baru ya bang…
    salam hangat persahabatan dariQ

  28. troyzen berkata:

    Tuhan…….bgitu dekat dari nadi kita sendiri…..

    Sarah : Itu bener sayang, dan Ia pertemukan aQ denganmu…

  29. namakuananda berkata:

    sayang ya gag ada hasil (image) model potongan rambutnya, kalo ada, pasti jadi tren model rambut 2009 lho.
    lah …. kok jadi ngomongin model rambut πŸ˜†

    Sarah : Hehehe…sp tahu y ada yg bs jd tren di 2009..hehe..met tahn baru y

  30. Yudhi Gejali berkata:

    Bila manusia debat sana-debat sini, argumen sana-argumen sini tentang “Apakah Tuhan itu ada?”

    He..he…

    Mungkin TUHAN hanya melihat kita, manusia yang bertengkar seperti anak-anak kecil yang berceloteh dan bertengkar.

    Bila DIA ada..tanpa manusia membuktikan pun, DIA tetap ada.

    Very inspirative article.
    If GOD doesn’t exist, all Human will get Anxiety disorder, my guess!

    Blog walk, and Regards.
    Yudhi Gejali

    Bila manusia debat sana-debat sini, argumen sana-argumen sini tentang “Apakah Tuhan itu ada?”

    He..he…

    Mungkin TUHAN hanya melihat kita, manusia yang bertengkar seperti anak-anak kecil yang berceloteh dan bertengkar.

    Bila DIA ada..tanpa manusia membuktikan pun, DIA tetap ada.

    Very inspirative article.
    If GOD doesn’t exist, all Human will get Anxiety disorder, my guess!

    Blog walk, and Regards.
    Yudhi Gejali

    Sarah : Iya bener banget tuch, dan udah pasti bikin malu2in udah berdebat sana sini, tanpa pengetahuan dan sikap yg bener2 membutikan sebagai manusia yg bertqwa pada Tuhan…

    mksh udah mampir k blogQ
    salam kenal

  31. tukyman berkata:

    Download File 5 Kb apa gak pusing
    klau bole minta saranya
    dan semoga datang hari yang indah untuk anda
    dari penggemarmu dari jauh πŸ™‚ πŸ˜› πŸ˜›

    Sarah : Makasih atas infonya…met tahun baru y

  32. Bung Nashyr berkata:

    wah, makin sering aku liat blog kamu, ternyata inspirasi kamu oke juga,,, kayaknya bisa buat belajar nih!!!!
    tanks yah dah coment

    Sarah : Wagh, mkn sering liat blogQ, mkn ketahuan nanti begoQ…hahahah…

  33. Red Dog berkata:

    Sarah : Tapi di blog Red Dog, ada kuisnya bagi2 pulsa, dan jelas sekali, aQ g mungkin ngelakuin hal yg sama….ngisi pulsa sendiri aja msih suka susah, apalagi ngisiin org lain secara cuma2…wkwkwkwkwk…
    itu karena ad donatur dari author, patungan gitu hehe, toh penghasilan dr blog juga lumayan πŸ™‚ jd aj ad donatur hehe

    mw d ganti sih blognya, cmn kendala waktu nih hehe

    Peace and Love
    Red Dog

    *menunggu artikel baru untuk di PERTAMAXin hehe

    Sarah : Wallah, sabar red. plingan ntar lg aQ post…emang napa mau jd yg pertama melulu? Hhehe

  34. sazka berkata:

    kena dehhhh!!!! maka setelah mbaca ini aku jadi tersadar kalo kita yg harus mencari Tuhan, mendekatinya…

    Sarah : Alhamdulilah, bs memberi inspirasi…salam kenal y, mksh y udah mampir ke blogQ
    salam kenal

  35. gus berkata:

    cara menjelaskannya menarik. simple. padahal tema yg diusung sangat subsatansial….hemmm. ajarin cara nulis yang kayak gini dong Mbak…plis.

    Sarah : Sayangnya bukan aku yg nulis artikel ini, dari awal udah aku jelaskan bahwa alamat tempat aku memeroleh artikel ini udah nggak aku ingat..maafkan saya….dan aku jug abukan penulis yang baik..hehe…mksh y udah mampir ke blogQ’
    salam kenal

  36. departa berkata:

    Sebuah renungan yang dalam,Mungkin kadang kita terdampar dalam masalah seperti ini.Hidup memang selalu penuh dengan ketidakmengertian,yang membuat kita meski terus mencari,mencoba dan belajar. πŸ˜€

    Sarah : Iya…smga kita semua diberi petunjuk olehNya…amin…

  37. Billy Koesoemadinata berkata:

    wah.. konsep artikel itu,, mirip sama ‘pencekokan’ ala komunisme..
    hati2 sarah.. jangan sampe di-copas trus dijadiin propaganda dengan cara diputarbalikkan πŸ˜‰

    Billy K.
    iamthebilly.wordpress.com
    bersambung.wordpress.com

    Sarah : Alhamdulillah, g Qsalah gunakan dengan edit2an yg banyak merugikan pihak lain..hehe…

  38. arifrahmanlubis berkata:

    artikel yang bagus. semoga ada yg tersadarkan πŸ™‚

    Sarah : Insya Allah, mksh y udah mampir k blogQ
    salam kenal

  39. Catshade berkata:

    Sayangnya, analogi tukang cukur sebagai ‘Tuhan’ (dan beberapa analogi lainnya) itu sudah terbantahkan di sini: http://erander.wordpress.com/2008/12/01/apakah-tuhan-itu-ada/

    Sarah : Terima kasih atas infonya y, mksh jg udah mampir ke blogQ
    salam kenal, dan dengan di postingakannya artikel ini, sy sama seklai tidak mencari provokasi dan sesuatu hal yang bisa mengusik pendapat dan pemikiran para pengunjung…mohon maaf klo ada yang salah..
    met tahun baru smoga segalanya menjadi lebh baik di thn berikutnya..amin..

  40. dobleh yang malang berkata:

    blue pamit dulu ya, sar mau represing
    semoga menyenangkan akhir tahunnya
    salam hangat selalu

    Sarah : Doa yg sama juga Qtujukan untuk bang Blue y…
    salam hangat persahabatn balik dariQ..
    πŸ™‚

  41. emfajar berkata:

    mencerahkan banget..

    yang penting hati ini meyakini akan keberadaan-Nya

    Sarah : Alhamdulillah bila bermanfaat..mksh y mas. Met thn baru y

  42. mujahidahwanita berkata:

    Sebenarnya bukan Tuhan yang tidak ada!

    Tetapi Alam semesta dan seisinya lah yang tidak ada!

    Kalau Tuhan tidak ada. Maka Alam semesta berserta isinya pun tidak akan ada

    Ada menjadi tidak ada, yang tidak ada menjadi ada, kembali lagi menjadi tidak ada….

    Salam

    Sarah : Iya mbak..mksh atas peringatannya….met thn baru y mbak…smeoga Allah senantiasa memberi berkah dan rahmatNya kepada kita semua….amin

  43. potter berkata:

    Tidak ada Tuhan berarti tidak ada agama,
    By The Way Selamat Merayakan Tahun Baru 2009

    Sarah : Simple, tp bener banget y..hehe…met thn baru juga, semoga sukses y

  44. Yudi berkata:

    Analoginya cerdas juga untuk membuktikan Tuhan itu ada
    Trima kasih artikelnya

    Sarah : Sama2…mksh juga udah mampir k blogQ
    salam kenal

  45. Nug berkata:

    Tuhan seperti juga oksigen
    Ada, terasa tapi tak terlihat
    Diperlukan, tanpanya kita mati…

    gud stori Sarah.. πŸ™‚

    Sarah : Bener banget mas….semoga kta selalu dilindungi olehNya…amin…

  46. KenyoK berkata:

    nice artikel….. πŸ˜‰
    bagaimanapun Tuhan itu pasti ada, kita saja yang tidak dapat melihatnya.
    salam kenal saja ya…..
    ditunggu kunjungannya….. πŸ˜‰

    Sarah : Iya bener, mksh atas kunjungannya, salam kenal, ditunggu y kunjungan balikQ

  47. udienroy berkata:

    hmmm, apik tenan mbakyu tulisane, matur sembah nuwun yho yu.

    Sarah : Mkasih y…mksh jg udah mampir k blogQ
    salam kenal, sygnya aQ g ngerti bhs Jawa..hehe

  48. SIge berkata:

    Istilah Tuhan, God, Dewa hanya ada dalam Agama..trus kalo Agama tidak ada, apakah Tuhan,God, Dewa masih ada?

    Stop think and talk, just fell It..

    Sarah : Klo g ada Tuhan, God, dewa g akan ada agama atau keperayaan tertentu juga kali y…
    jd ingat lagunya Jhon Lennon yg Imagine..
    Imagine there’s no religion, there’s no heaven, isn’t hard to do .. imagine all the people leving life in peace…
    *nyambung g kira2?* hehe..stop talk and think..just fell it
    :mrgreen:

  49. SufiMuda berkata:

    Tuhan itu memang tidak ada karena DIA bersembunyi dalam hati hamba-Nya πŸ™‚

    Sarah : Wiw…kalo ada dalam hati hambaNya, berarti Dia benar2 hidup….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s