BP

Sumber Gambar

Kita tahu bahwa pers, memiliki peranan yang sangat penting dan terhormat karena misinya adalah misi membawa kebenaran bagi masyarakat dan memiliki peran sebagai kritik atas peningkatan kualitas masyarakat baik itu didalam bidang pendidikan, kesejahteraan, kemanusiaan, maupun politik. See, begitu pentingnya profesi yang satu ini. Bahkan kemudian pemerintah menjamin kebebesan pers dalam suatu undang-undang. Yang ingin saya paparkan bukanlah sesuatu yang berat, bukan sesuatu yang terlalu ilmiah dan teknis untuk membahas pers.

Sumber Gambar

Mari coba kita pindah ke tulisan tentang, ‘hadiah,’tip’. Hampir di semua pekerjaan, terutama yang bekerja di bagian ‘jasa’, seperti pelayan restoran, cleaning service dan jasa kurir. Umumnya, jika kita merasa senang dan puas dengan jasa mereka, kita akan dengan ikhlas dan sukarela memberikan tip. Sampai disitu, akan terjalin hubungan yang baik antara kita dan mereka.

Pers 3Sumber Gambar

Mari kita hubungkan kedua paragraf di atas. Kebanyakan pada akhirnya, perusahaan-perusahaan menerapkan sistem professional dan excellent service kepada tamu dengan tidak menerima tip. Hal ini juga berusaha diterapkan oleh pemeirntah, agar pegawai negeri, tidak boleh menerima suap, tidak menerima parcel di hari raya, polisi tidak boleh lagi meminta ‘uang damai’, para guru tidak lagi meminta uang tambahan ini itu dari orang tua murid dan sebagainya. Hampir semua kasus ini ditulis dengan apik oleh pers. pelaku-pelaku yang melakukan kecurangan ini mati kutu oleh pers.

Sumber Gambar

Lalu, bagaimana dengan status professional bagi pers sendiri? Umumnya, perusahaan-perushaan yang mengadakan jumpa pers, ‘wajib’ memberikan ‘tip’ yang lebih dikenal halus sebagai “Biaya Transportasi”. Dengan Biaya Transportasi, artikel yang baik-baik saja tentang perusahaan terangkat begitu tinggi, forward sms jumpa pers akan mengalir deras dan puji-pujian datang dari sana sini. Itulah kekuatan pers dengan biaya transportasinya. Tanpa Biaya Transportasi, berita tentang perusahaan yang bersangkutan biasa-biasa saja atau bahkan nyaris tidak ada…

Sumber Gambar

Ini bukanlah kesalahan, bicara dari sisi manusiawi, memberikan Biaya Transprtasi adalah sesuatu yang alamiah, sesuatu yang menunjukkan bagaimana toleransi sesama manusia itu berlaku indah, bagaimana rasa simpati itu mengalir bagi mereka yang lari sana lari sini demi memperoleh berita kebenaran bagi masyarakat. Perjuangannya tidaklah dinilai tinggi dengan rupiah. jadi, ini bukanlah kesalahan. Ini manusiawi.

Sumber Gambar

Kuncinya, mungkin memang di pemerintah. Pembangunan yang tidak merata, kesenjangan sosial yang meluas dan dinamika yang pelik tentang kehidupan dan sebagainya.

Tidak ada yang salah, tetapi semuanya kembali lagi kepada kode etik, professional, loyalitas dan keikhlasan dalam mengemban amanah.

Catatan : Berikut ini saya sertakan link yang lebih kritis dan lebih terbuka membahas apa yang ingin saya kemukakan di atas. Saya membahasnya hanya sebagai orang awam  :-p

Iklan

2 thoughts on “BP

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s