hakim

Logo hukum 33333333333333

Sumber Foto

Tidak ada kesalahan yang terlalu besar selain mengulanginya

Hidup itu memang benar ada dinamikanya sendiri. Setiap orang memang pernah gagal, melakukan kesalah dan ke-khilaf-an, tetapi itu tidak menjadi begitu besar, selain jika kita tidak mengulanginya lagi dan lagi.

Saya tidak bilang, saya benar atau mencoba membela diri. Toh, saya memang salah, jahat malah. Dan tidak ada satupun dari sahabat-sahabat dan teman-teman saya yang lebih jahat dibanding saya. Pernah satu ketika saya menghadapi permasalahan dan tekanan yang sunggu luar biasa beratnya bagi kehidupan saya, saya tidak pernah merasa serapuh dan sebodoh itu. Untuk menutupi permasalahan saya, saya menutupinya dengan cara yang bodoh juga. Sampai akhirnya masalah itu tidak benar-benar selesai, berujung fatal hingga sekarang.

Meski kesalahan itu akhirnya menjatuhkan saya se-dalam-dalam-nya… saya tidak mneyerah, sakit hati pasti iya, begitupun dengan orang-orang disekitar saya. Tapi saya melihat bentuk dari ‘hukuman’ itu dengan cara yang berbeda.

Bentuk hukuman ‘nyata’ itu bisa dikategorikan cukup ‘membumi’ untuk dosa saya.. tapi bentuk hukuman ‘psikis’ itu bagaikan di api yang menyala-nyala….tersiksanya luar biasa…tapi saya bukan-lah tipe orang yang ekspresif. Marah-Sedih tampang dan gerak tubuh saya begini-begini saja.  Tapi saya bisa ber-asumsi, ‘hakim’ untuk hukuman dari manusia sesungguhnya bukan tentang pasal-pasal, bukan tentang cambuk, bukan tenang malu, bukan tentang berapa rupiah sanksinya, bukan tentang ‘cerita-cerita’ orang, lebih dari itu, sakitnya tak tertangguhkan.

Tinggalkan Balasan

